Sobatpenghibur

Hidup adalah Sebuah Perjalanan

  • maturnuwun..

    Photobucket
  • asal_sobat

    Locations of visitors to this page
  • June 2009
    M T W T F S S
    « May   Jul »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Archives

  • Info_sobat

  • Photobucket
  • Bisnis Kaos Ondel2

    Ondel2 merah Ondel2 Putih Photobucket http://ondelondelkaos.multiply.com/
  • sobat_tweet

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • wahyudi_fajr@yahoo.co.id

    Join 4 other followers

Pengalaman pertama Bekam & Ruqyah

Posted by fajr on June 12, 2009

Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 07 Juni 2009, sobat pergi ke BRC di jalan raya pasar minggu. Ada apa disana? Sobat & Sahabat mencoba tuk melakukan perawatan atau pengobatan dengan cara yang lain, tidak ke dokter ataupun Rumah Sakit yang saat ini sedang marak dengan kasus, entah itu mal praktek maupun yang lain dan memang pada dasarnya sobat sendiri kurang nyaman bila sakit harus ke dokter kecuali sakit tertentu karena tidak suka dengan obat-obatan kimia. Jikalau harus ke dokter pun sesekali pergi ke Puskesmas/Klinik yang sudah dipercaya. Berbekal itu sehingga sobat pun penasaran ingin mencoba metode pengobatan ini.

1. Bekam

Anjuran berbekam dari Rasul..

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Salam besabda :

الشِّفَاءُ فِيْ ثَلاَثَةٍ: شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَإِنِّيْ أَنْهَى أُمَّتِيْ عَنْ الْكَيِّ

“Kesembuhan itu berada pada tiga hal, yaitu minum madu, sayatan pisau bekam dan sundutan dengan api (kay). Sesungguhnya aku melarang ummatku (berobat) dengan kay.” (HR Bukhari)

Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa Salam bersabda :

إِنَّ أَمْثَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ وَالْفَصْدُ

“Sesungguhnya metode pengobatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam) dan fashdu (venesection).” (HR Bukhari – Muslim)

BekamPernah mendengar kata Bekam? Bekam/hijamah adalah metode terapi pengobatan yang biasa dilakukan Rasulullah. Terbukti bahwa bekam mampu menyembuhkan semua penyakit, bahkan penyakit yang divonis dokter tak ada obatnya. Mekanismenya, bekam akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh manusia dengan dihasillkannya hormon interleukin 1 dan 6 serta TNF alfa. Hormon ini sangat berperan dalam proses regenerasi sel-sel tubuh. Dengan demikian bekam sangat efektif untuk penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, stroke, dll. InsyaAllah penyakit seperti alergi (alergi dingin, makanan, dll) dapat juga diatasi dengan bekam. Tentunya juga perlu diimbangi dengan latihan (adaptasi/silaturahim) tubuh terhadap pemicu alergi tsb.

Bekam basah yaitu metode pengeluaran darah kotor (blood letting) dengan cara disayat dengan silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril pada bagian yang dibekam.

Diagnosis Penyakit Dengan Bekam

Diagnosa bekam/cupping dapat dilihat dari warna pigmen kulit setelah pembekaman. Di dalam buku “Canon of Internal Medicine” dikatakan, “Kondisi organ internal (organ dalam) dapat diketahui dengan cara mengobservasi (mengamati) gejala-gejala eksternal dan tanda-tanda fisik, sehingga penyakitnya dapat didiagnosa.”

Reaksi pigmen pada kulit bekas bekam adalah sebagai berikut :

  1. Bekas bekam yang muncul berwarna ungu kegelapan atau hitam, pada umumnya hal ini mengindikasikan kondisi defisiensi (kekurangan) pasokan/suplai darah dan channel/saluran (pembuluh) darah yang tidak lancar yang disertai dengan keberadaan darah statis (darah beku).

  2. Bekas bekam yang muncul berwarna ungu disertai plaque (bercak-bercak), pada umumnya hal ini menandakan terjadinya gangguan/ kelainan gumpalan darah yang berwarna keunguan dan adanya darah statis (darah beku).

  3. Bekas bekam yang muncul berbentuk bintik-bintik ungu yang tersebar dengan tingkatan warna yang berbeda (ada yang tua dan ada yang ungu muda). Hal ini menandakan kelainan “Qi” dan darah statis.

  4. Bekas bekam yang muncul berwarna merah cerah, biasanya hal ini menunjukkan terjadinya defisiensi “Yin”, defisiensi “Qi” dan darah atau rasa panas yang dahsyat yang diinduksi oleh defisiensi “Yin”.

  5. Bekas bekam yang muncul berwerna merah gelap, hal ini mengindikasikan kondisi lemak di dalam darah yang tinggi disertai dengan adanya panas patogen.

  6. Bekas bekam yang muncul berwarna agak pucat/putih dan tidak hangat ketika disentuh, hal ini mengindikasikan terjadinya defisiensi cold (dingin) dan adanya gas patogen.

  7. Adanya garis-garis pecah/ruam pada permukaan bekas bekam dan rasa sedikit gatal, hal ini mengindikasikan kondisi adanya wind (lembab) patogen dan gangguan gas patogen.

  8. Munculnya uap air pada dinding bagian dalam gelas bekam, menandakan kondisi adanya gas-gas patogen pada daerah tersebut.

  9. Adanya blister (lepuhan/lecat) pada bekas bekam, menggambarkan kondisi gangguan gas yang parah pada tubuh. Adanya darah tipis pada blister merupakan reaksi gas panas toksin.

Beberapa jam sebelum berbekam sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan apa pun, lebih baik lagi dalam keadaan puasa (shaum) dengan demikian diharapkan kadar gula darah sesuai.

image    image

Gambar. Titik-titik Bekam

Kesan pesan setelah Bekam:

Ini adalah pengalaman pertama dibekam, walau sudah sering melihat terapi ini tapi baru kali ini dicoba dan setelahnya badan terasa menjadi ringan, tubuh bugar & fresh. Besok pagi harinya, Minggu 07 Juni 2009 langsung test drive buat main Futsal 2×15′ (1 goal & 3 assist). Dengan menempuh perjalanan Jakarta-Depok -+ 40Km. Alhasil, Senin-Selasa badan pegel-pegel semua, kecapean.  (please don’t try this). Tapi sekarang Alhamdulillah sudah sehat & fit kembali.

2. Ruqyah

Ruqyah ialah bacaan-bacaan (doa) yang ditujukan untuk kesembuhan dan penangkal penyakit fisik dan non fisik (sihir, gangguan jin), yang bersumber dari al Quran dan Sunnah (dicontohkan oleh Nabi saw atau perbuatan sahabat yang disetujuinya.

Ruqyah adalah sebuah terapi dengan membacakan jampi-jampi. Sedangkan Ruqyah Syar’iyah yaitu sebuah terapi syar’i dengan cara membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan do’a-do’a perlindungan yang bersumber dari sunnah Rasul shalallahu ‘alaihi wa sallam. Ruqyah syar’iyah dilakukan oleh seorang muslim, baik untuk tujuan penjagaan dan perlindungan diri sendiri atau orang lain, dari pengaruh buruk pandangan mata manusia dan jin (al-ain) kesurupan, pengaruh sihir, gangguan kejiwaan, dan berbagai penyakit fisik dan hati. Ruqyah juga bertujuan untuk melakukan terapi pengobatan dan penyembuhan bagi orang yang terkena salah satu diantara jenis-jenis gangguan dan penyakit tersebut.

Beberapa tanda-tanda gangguan jin dapat dilihat di bagian artikel di sini.

Pada dasarnya ruqyah dapat dilakukan oleh diri sendiri (Ruqyah Dzatiyah). Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam berbagai kesempatan menyampaikan kepada para sahabatnya untuk melakukan ruqyah dzatiyah, yaitu seorang mukmin melakukan penjagaan terhadap diri sendiri dari berbagai macam gangguan jin dan sihir. Hal ini lebih utama dari meminta diruqyah orang lain. Dan pada dasarnya setiap orang beriman dapat melakukan ruqyah dzatiyah. Berkata Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Fatawa,” Sesungguhnya tauhid yang lurus dan benar yang dimiliki seorang muslim adalah senjata untuk mengusir syetan”.

Namun seringkali kita juga perlu meminta bantuan orang lain untuk melakukan ruqyah atas diri kita. Pada hakikatnya ruqyah adalah tandzir (peringatan) pada diri kita dan makhluk apa pun yang ada pada diri kita untuk meluruskan ketaatan hanya kepada Allah. KIta bisa saja memberikan peringatan pada diri kita, namun ternyata sering pula kita membutuhkan nasihat dan teguran dari orang lain yang memiliki kekuatan ruhiyah lebih tinggi, atau minimal sedang tidak memiliki masalah yang sama dengan diri kita.

Katanya ada hadits yang menjelaskan bahwa Ruqyah itu musyrik? Ya, betul sekali Rasul bersabda : “Sesungguhnya Ruqyah, jimat-jimat dan guna-guna itu Musyrik.” HR.Muslim. Ruqyah itu terbagi dua : Ruqyah Syirkiyyah, yang mengandung unsur-unsur musyrik seperti memakai jimat, kemenyan dan menyebut nama-nama selain Allah. Dan Ruqyah Syar’iyyah yaitu ruqyah yang tidak mengandung unsur muysrik dan dicontohkan oleh Rasulullah saw. HR. Muslim. Jadi, yang dimaksud ialah Ruqyah Syirkiyyah. Oleh karena itu Imam Ash Suyuthi menjelaskan bahwa para ulama sepakat membolehkan ruqyah dengan tiga syarat yaitu :

  1. Ruqyah dengan Quran atau nama-nama Allah dan sifat-sifatnya.
  2. Dengan bahasa arab atau bahasa yang dipahami maknanya.
  3. Berkeyakinan bahwa sesungguhnya ruqyah itu tidak berfaidah secara langsung, akan tetapi semua itu terjadi karena taqdir Allah ta’ala.

Kesan pesan setelah Ruqyah:

Ini juga pangalaman pertama kali di Ruqyah. Setelah terapi ini sobat merasa lebih tenang pikiran & hati. Beruntung tidak mengidap kelainan ataupun ada makhluk halus yang bersemayam di tubuh ini. Terapi yang cukup unik ini melakukan pendekatan secara batin & rohani. Saat prosesi berlangsung cukup kaget, bagaimana tidak”, jalur udara dari tubuh ke otak diberhentikan sementara yakni dengan menekan saluran yang ada di leher. (mungkin seperti ini rasanya Sakratul maut dan lebih dahsyat lagi tentunya). Konon kata sang Ustad, biasanya orang akan tertidur sesaat saat proses Ruqyah berlangsung tetapi sobat tidak dan bila ada penghuni lain di tubuh ini akan berbeda (mungkin akan berontak & melawan). Saat prosesi berjalan sobat hanya dianjurkan membaca Ayat-ayat Al-Qur’an surat pendek saja. 

Berikut ini adalah lirik yang tercipta usai melakukan Ruqyah tersebut.

 

Stress ~!@#$%^&*()

Menurut diagnosa,, aku stress  image

Ringan memang

Namun cukup membuatku terdiam & termenung

Dalam hatipun mengiyakan

Stres, bisa disebabkan karena pikiran

Stres, juga bisa karena masalah hidup

Stres, mungkin juga memang stres

Stres karena faktor tekanan psikologi

Stresku hanyalah stres biasa

Takkan membuatku gila & bodoh

Menuntunku keatas tower

Seperti yang sedang booming saat ini  image

Berharap stres ini segera pergi

Tunjukkanlah hamba jalanmu

Jalan tuk raih kemenangan

Jalan tuk raih kebahagiaan

Stres takkan merusak logikaku

Takkan pula luluhkan hatiku

Apalagi rapuhkanku

Karena akal sehatku masih waras

Hanya pikiran & hatiku sedang tak sinkron

fajr 08 Juni 2009, 22:00WIB @bedroom

 

“What an incredible experience”

I would thanks to my brotherhood Eka Caronge & Tri Prasetyawan

warm regards,

wahyudi faj;r

sumber:

BRC

Bekam

Ruqyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: