Sobatpenghibur

Hidup adalah Sebuah Perjalanan

  • maturnuwun..

    Photobucket
  • asal_sobat

    Locations of visitors to this page
  • August 2009
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Archives

  • Info_sobat

  • Photobucket
  • Bisnis Kaos Ondel2

    Ondel2 merah Ondel2 Putih Photobucket http://ondelondelkaos.multiply.com/
  • sobat_tweet

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • wahyudi_fajr@yahoo.co.id

    Join 4 other followers

Era Baru AC Milan

Posted by fajr on August 7, 2009

Carlo Ancelotti angkat kaki, Paolo Maldini gantung sepatu dan Leonardo jadi bos baru. Perubahan sedang terjadi di AC Milan, yang diharapkan membawa era baru buat Rossoneri.

Delapan tahun membesut Milan, Ancelotti tak bisa dibilang gagal sebagai pelatih karena dalam kurun tersebut dia mampu memberikan delapan titel juara. Don Carletto bahkan termasuk dalam kelompok kecil orang yang mampu menjuarai Liga Champions hingga dua kali dan membawa pulang satu titel Kejuaraan Dunia Antarklub.

Tapi Don Carletto juga tak lepas dari kontroversi, terutama di tahun-tahun terakhirnya bersama Diavolo Rosso. Sudah sejak musim lalu tuntutan dirinya mundur sudah terdengar, pelatih 49 tahun itu dianggap bertanggung jawab terhadap kegagalan Paolo Maldini cs lolos ke Liga Champions musim lalu setelah cuma duduk di posisi lima klasemen akhir.

Hal lain yang membuat Ancelotti kerap jadi sorotan adalah soal kebijakannya terkait regenerasi pemain di Milan. Soal pembelian pemain, dia mungkin harus menuruti kebijakan petinggi Milan yang lebih suka berhemat dengan membeli pemain yang usianya beranjak senja. Tapi di atas lapangan kebijakan yang sama justru kerap dia pakai juga.

Yoann Gourcuff yang beberapa hari lalu resmi dibeli Bordeaux adalah contoh betapa Carletto terlanjur “asyik” dengan pemain seniornya tanpa memberi peluang yang layak buat young guns untuk unjuk kebolehan. Jadilah starting XI Milan lebih sering diisi nama-nama seperti Maldini, Zambrotta hingga Filippo Inzaghi. Milan seperti tak belajar dari pengalaman saat mereka menemukan Kaka dan memberi banyak kesempatan pada Pato untuk bermain.

Kini, Leonardo punya banyak pe er untuk bisa membawa Milan bersaing dengan Inter Milan dan meneruskan catatan gemilang mereka di Eropa. Sesuatu yang bisa jadi akan sulit lantaran dia sama sekali belum punya jejak rekam sebagai pelatih. Leonardo memang bukan nama asing di Milan karena dia sempat memperkuat klub tersebut dalam kurun 1997-2001. Sempat pulang ke Brasil, pesepakbola bernama lengkap Leonardo Nascimento de Araújo itu kembali ke Milan tahun 2003 sebelum memutuskan pensiun.

Sejak saat itu dia menjadi bagian dari manajemen Milan. Awalnya dia mengurusi hubungan klub dengan media, membantu beragam kegiatan amal yang digelar sampai kemudian ditunjuk sebagai staff teknis Milan tahun kemarin.

Meski sempat dijadikan kandidat sebagai pelatih oleh beberapa media, penjukkan Leonardo mungkin akan tetap mengundang tanda tanya karena pria Brasil berusia 39 tahun itu belum punya pengalaman melatih. Mungkin Milan terinspirasi oleh Barcelona yang meraih sukses luar biasa bersama Barcelona dengan merebut treble winners.

Kalau memang seperti itu, Leonardo punya banyak hal yang harus dia lakukan karena Milan tentu tak sama dengan Barcelona yang punya pemain hebat di semua posisi. Pekerjaan pertama Leonardo mungkin adalah membersihkan Rossoneri dari pemain-pemain gaek, kondisi yang dalam beberapa musim jadi penghambat Milan menjaga konsistensi performa mereka di Italia dan Eropa.

Inilah wajah-wajah baru yang akan mengisi starting XI Milan pada musim mendatang sampai dengan hari ini Jum’at 7 Agustus 2009 pada bursa transfer;  

Thiago Silva (24Thn)

image Thiago Emiliano da Silva, atau biasa disebut Thiago Silva, lahir pada 22 September 1984,  memiliki postur yang cukup tinggi 184 cm/80 kg ini merupakan pemain timnas Brazil U-21. Sudah dibeli sejak desember 2008 dengan nilai transfer 10 juta euro, bek asal Brazil ini baru terdaftar secara resmi sebagai pemain Milan pada Juli 2009 lantaran terbentur kuota pemain non-Uni Eropa. Tahun lalu membawa Fluminese juara Copa do Brazil. Debut waktu uji coba lawan Hannover 96 pada 21 Januari 2009 dan melanjutkannya dengan pertandingan pra musim di World Football Challenge di Amerika Serikat dan Piala Audi di Muenchen baru-baru ini dengan mencetak dua gol.

Thiago Silva dibawa pelatih Brasil, Dunga, dalam tim Olimpiade 2008. Ia juga bermain di laga persahabatan tanggal 10 Januari silam, antara Brasil melawan Italia di Emirates Stadium, London, dan dimainkan mulai menit ke-77 menggantikan Juan.

Oguchi Onyewu (27Thn)

image Lahir di Washington D.C, Amerika Serikat 13 Mei 1982. Bek tengah asal Amerika dengan postur tubuh 193 cm/95 kg ini diharapkan bisa jadi cadangan bagi Alessandro Nesta. Sukses membawa Standard Liege juara Liga Belgia dua tahun berturut-turut. Pemain yang pernah bermain untuk Newcastle United ini telah mendapat 47 caps bersama AS. Ia pun tampil memikat bersama The Yanks pada perhelatan Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan, beberapa waktu lalu. Ia menjadi salah satu kunci kemenangan AS atas juara Eropa Spanyol pada babak semifinal. Hal inilah yang membuat kubu AC Milan tertarik tuk memboyongnya ke San Siro.

Oguchi Onyewu didatangkan AC Milan sebagai pemain yang bebas transfer dan memutuskan berlabuh di San Siro setelah kontraknya bersama Liege berakhir pada Juli 2009. Ia merupakan pemain pertama yang didatangkan AC Milan secara resmi pada transfer musim 2009-2010, padahal dana yang didapat dari penjualan Kaka sebesar 67 juta euro dapat digunakan untuk membeli pemain lain. Kendati tercatat sebagai punggawa AS, namun pemain berjuluk Gooch itu memiliki paspor Belgia. Karena itu, Onyewu tidak akan terdaftar sebagai pemain Non-Uni Eropa di Milan.

Gianmarco Zigoni (18Thn)

image Pemain Muda yang direkrut Milan pada 27 Juni 2009 ini tercatat mencetak lebih dari 100 gol saat masih bermain di level remaja bersama Treviso.

Sekadar informasi, Gianmarco Zigoni diketahui adalah putra dari mantan bomber Juventus, AS Roma, dan Verona, Gianfranco Zigoni. Zigoni yang saat itu berkostum Verona juga tampil sebagai aktor utama kegagalan Milan merengkuh scudetto pada 1973, dengan mengantar Verona membungkam Rossoneri 5-3 di laga pamungkas Serie A. Hingga kini, sejumlah Milanisti juga masih mengingatnya dengan julukan “Fatal Verona.”

Ignasio Abate (22Thn)

soccer17

Pemain muda Italia ini lahir pada tanggal 12 November 1986 di Sant’Agata de’ Goti, provinsi Benevento, dia adalah anak dari kiper Beniamino Abate. Berpostur tinggi 180 cm/80 kg sebagai pemain sayap/winger.

Karirnya dimulai dari klub yunior Milan. Dia sempat dipinjamkan ke Napoli (Serie C1) 2004-2005, Sampdoria (Serie A) 2005, Piacenza 2005-2006 dan Modena (Serie B) 2006-2007. Mengoleksi 3 gol dalam 83 kali sepanjang penampilan bersama klub-klub tersebut. Pada tanggal 16 Juni 2008 ia ditransfer ke Torino dengan status kepemilikan bersama dan disetujui pada 23 July 2008, statistiknya tidak buruk yaitu mengoleksi 2 gol dalam 27 kali penampilannya bersama El Torro. Juni 2009 akhirnya ia kembali merumput bersama Milan dan langsung mengisi skuad asuhan Allenatore Leonardo pada pertandingan pra musim.

Dia memulai debutnya bersama timnas U-21 saat melawan Luxembourg pada 12 Desember 2006 dan telah mengoleksi 2 gol dalam 19 kali penampilannya.

Klaas Jan Huntelaar (25Thn)

image Datang ke Milan setelah menjalani karier yang kurang menyenangkan di Madrid karena lebih sering di bangku cadangkan. Striker haus gol asal Belanda ini bisa jadi tambahan amunisi lini depan Milan dan diduetkan dengan Pato maupun Borrielo untuk menggantikan Inzaghi yang sudah tidak muda lagi. Mengawali karir profesionalnya di PSV Eindhoven pada tahun 2002. Namun musim pertamanya lebih banyak dihabiskan di tim muda PSV. Dia hanya sempat merasakan satu kali bermain di tim senior, sebelum akhirnya dipinjamkan ke De Graafschap dan AGOVV hingga 2004.

Perjalalan berikutnya Huntelaar bermain bersama Heerenveen dengan mencetak 33 gol dari 46 kali penampilannya. Tahun 2005 hijrah ke Ajax Amsterdam dan selama 3 musim bermain, The Hunter mengoleksi 76 gol dari 92 kali penampilannya. Januari 2009 Real Madrid merekrutnya, disini dia hanya bermain dalam 20 kali pertandingan dan mencetak 8 gol. Sedangkan di timnas Belanda, Huntelaar melakukan debutnya di tim U-21 pada 2004-2006, mengoleksi 18 gol dari 22 kali pertandingan. Sementara di tim senior “Oranye” dia mengoleksi 13 gol dari 23 pertandingan. Berharap akan bisa sukses ke depan bersama Milan, mengikuti jejak pendahulunya Trio Belanda (Marco Van Basten, Ruud Gullit dan Frank Rijkaard) maupun Clarence Seedorf yang sampai saat ini juga masih merumput di San Siro.        

image

Kepergian tiga tokoh yang menjadi pilar Milan dalam beberapa tahun terakhir, Paolo Maldini Carlo Ancelotti, Ricardo Kaka, akan mengiringi era baru di tubuh AC Milan yang dipimpin allenatore baru, Leonardo. Berakhirnya karir Maldini, hengkangnya Ancelotti ke Chelsea, dan berlabuhnya Kaka ke Real Madrid boleh jadi menandai awal era baru di tubuh Milan.

“Silvio Berlusconi (Presiden Klub) tak boleh bertindak lebih besar lagi dari yang bisa ia lakukan. Dia harus mulai mempercayai orang-orangnya (pelatih),” papar mantan pelatih Milan, Arrigo Sacchi. “Juga, Adriano Galliani (Wakil Presiden klub) perlu membangun skuad baru berisikan pemain-pemain muda dan mulai fokus untuk mengangkat kemampuan mereka,” sambungnya, seperti dikutip Sportinglife. Tentang Leonardo, pria berusia 63 tahun ini juga melihat mantan pemain timnas Brasil itu sebagai sosok yang pantas untuk melatih Il Diavolo. “Milan selalu memiliki pelatih bagus dan Leonardo merupakan salah satunya.”

Sacchi juga berkomentar soal Ronaldinho yang berpotensi besar menggantikan peran Kaka.  Hanya saja Sacchi tidak terlalu yakin dia akan mampu melakukannya. “Ronaldinho? Bukan suatu kebetulan kalau Barcelona memilih menjualnya,” tukasnya.

Maldini sudah pergi, juga Carlo Ancelotti. Bersama Leonardo, Milan harusnya bisa memulai sesuatu yang benar-benar baru. So, siapa lagikah yang akan dihadirkan Leonardo pada bursa transfer kali ini, kita tunggu saja sob,..

sumber-sumber:

Doni Wahyudi ( din / krs )detik-sepakbola

bola.okezone

disadur dan editing oleh fajrio cannavaro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: