Sobatpenghibur

Hidup adalah Sebuah Perjalanan

  • maturnuwun..

    Photobucket
  • asal_sobat

    Locations of visitors to this page
  • June 2014
    M T W T F S S
    « Dec   Jul »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Archives

  • Info_sobat

  • Photobucket
  • Bisnis Kaos Ondel2

    Ondel2 merah Ondel2 Putih Photobucket http://ondelondelkaos.multiply.com/
  • sobat_tweet

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • wahyudi_fajr@yahoo.co.id

    Join 4 other followers

Tentang Kecelakaan (lagi..)

Posted by fajr on June 21, 2014

Hai sob, lama ga posting & kaku juga ini jari2 menekan tombol2 keyboard.😀
Maksud hati mau benerin Outlook yang tiba-tiba bermasalah. Tapi tiba2 dikagetkan oleh berita duka menimpa salah satu teman kerja di Kantor Pabrik kami… fiuwhh,,, lagi2 harus menghela nafas panjang deh kalau bicara kecelakaan di Negri ini..😦

Sabtu, 21 Juni 2014. hari ini lumayan cerah. Liburan maunya sih males-malesan dirumah aja sama anak & istri. Tetapi karena suatu hal akhirnya kami memutuskan pergi untuk nengok Ibu (mbahnya Ara) di daerah BlokM. Bangun pagi nyalain Leptop untuk memindahkan data video dari handycam sambil online untuk baca2 berita update. Gak lama ada skype datang dari teman kantor yang menginfokan bahwa salah satu teman kami ada yang mengalami musibah “ktnya semalem kecelakaan pak di rajamandala.. kondisi terakhir msh blm sadarkan diri” begitu petikan info dari salah seorang teman. Akhirnya kami siap2 & bergegas pergi ke BlokM. Tidak berselang lama, pas sudah sempat online lagi, kembali dapat info dari teman bahwasannya teman kami yang mengalami kecelakaan tersebut sudah meninggal dunia. Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun.😦

Guess what sob?? Jum’at siang baru aja ngobrol sama Heri (korban) iya.. kami masih bercanda & sore juga gw masih sempet ngajak dia main futsal karena memang saat itu dia memakai sepatu futsal. Tapi diujung pembicaraan dia cuma bilang; “nggak pak, mau pulang ke Bandung”..

Takdir, manusia takkan pernah tau, kapan dia akan dipanggil sang Maha Pencipta untuk menghadap. Muda-tua, sehat-sakit, kaya-miskin, dengan cara apa & bagaimana kita akan meninggal tak akan pernah tau. Sudah sepatutnya kita mawas diri menghadapinya. Disini gw ngga akan membahas perihal Takdir, tapi coba sedikit mengulas tentang subbab kecelakaan itu.

“iyah pak naik motor yg Jupi mx itu, kynya sendirian deh pak” info terakhir yang didapat. Menempuh jarak dari Bogor-Bandung memang tak seberapa jauh -+180Km. Maka beberapa teman kami ada yang Mudik pulang ke rumah asalnya saat akhir pekan tiba, bahkan yang ke Garut atau daerah sekitar juga ada. Namun, menurut pengamatan saya lain jarak jauh-dekat akan berbeda jika ditunjang dengan kondisi yang Prima. Kenapa? sepengetahuan saya Pabrik beberapa minggu ini sangat padat Produksi, bukan tidak mungkin fisik sudah terkuras disana sehingga faktor kelelahan bisa menjadi salah satu pemicu kecelakaan. Hmm, jadi inget insiden kecelakaan yang pernah terjadi & itu murni karena kelalaian diri sendiri (kelelahan & memaksakan diri) sehingga berujung pada kecelakaan itu. Alhamdulillah, kejadiannya tidak parah.

Itu merupakan satu faktor utama penyebab kecelakaan & mengenai sobat Heri sendiri, gw tidak tau persis. Kedua, Ilmu berkendara Wajib Hukumnya pada setiap pengendara bermotor. Sayangnya kesadaran itu nggak banyak dilakukan orang-orang. Dari ABG2 yang membawa motor Sruntulan, tidak pakai Helm, Jaket, asal bejeg gas dsb, sampai orang tua yang asik berhandpone ria atau merokok sambil bermotor & lebih parah lagi berboncengan 3-4 dalam 1 motor. Ini membuktikan kesadaran dalam memahami ilmu berkendaranya masih kurang. Beberapa kali gw pepet/kemplang pemotor macam itu agar menyadarkan bahwa perilakunya bisa membahayakan orang lain.. Wajarlah mereka juga boleh punya SIM dari hasil kolektif/nembak calo dsb. Sorry, gw dulu buat SIM tahun 2007 dengan jalan normal yang mengharuskan 3x bolak-balik Polres Metro Daan Mogot karena harus mengulang Ujian tulis. (ntah gw yg bodoh / emang dikerjain ya..??, padahal itu soal anak SD juga bisa) Tapi sudahlah itu masa lalu, akan panjang cerita lagi kalau dibahas disini. Cukup tau gw bahwasannya dari sini pula awal sumber kecelakaan itu bisa terjadi Sistem yang dirusak & dimudahkan, padahal ada ilmu terkandung disana jika kita lalui dengan normal. Dari tes tulis sampai praktek yang cukup sulit untuk biker pemula. Toh, nyatanya sampai sekarang praktek perCaloan itu masih ada. Hufft…

Ketiga, Situasi & Kondisi juga mempengaruhi dalam berkendara yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Situasi disini adalah saat dimana lokasi tersebut, seperti siang-malam, ramai-sepi, cerah-hujan, karena saat malam sepi hujan akan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan siang ramai cerah. Kondisi lingkungan juga menjadi faktor utama, seperti hafal dalam rute perlintasan yang akan dialui, jalan berlubang, dimana ada titik kemacetan, kepadatan, karakter orang, dsb. Maka tau kan kenapa Jawara MotoGP/balapan antar negara sering dimenangi oleh tuan rumah? Yup, karena mereka hafal betul sirkuit yang dilaluinya, setiap track lurus & tikungan-tikungan, sehingga memudahkan dia dalam berakselerasi. Nah, bicara akselerasi ini juga sangat penting dalam penyebab kecelakaan. Banyak sekali orang asal Bejeg Gas tanpa tau ilmu, sikon & diri sendiri. Udah tau bukan Sirkuit kok ya Ugal-ugalan, udah tau kondisi motor/jalan nggak memadai kok ya Sruntulan, udah tau badan capek, masih aja panasan kalo di asepin biker lain. Ngebut itu ga asal bejeg gas bro.., ada ilmu & perhitungannya… Utamakan keselamatan bukan kecepatan.

Sampai kapan korban akan terus berjatuhan di jalan? Perusahaan/Leasing motor jangan hanya memproduksi & memudahkan dalam mendapat motor, 500ribu udah bisa bawa motor. Sudah saatnya mereka juga turut andil dalam menyadarkan pentingnya keselamatan berkendara & pihak terkait (Polantas) lebih aktif dalam memberikan penyuluhan & pengawasan. Sistem yang harus dibenahi. Tetapi itu semua juga tidak berarti jika sendiri juga tak peduli. Maka marilah dimulai dari diri, beritahu teman, kasih kritikan yang membangun buat sesama pengendara lain. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari itu semua. Wassalam

 

“keep savety riding” anytime, anywhere, anytime.

5S (Savety, Siaga, Sigap, Sopan, Santun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: